Kualitas tidur merupakan
fenomena yang kompleks dan melibatkan beberapa komponen yang seluruhnya dapat
tercakup dalam PSQI. Komponen PSQI dinilai dalam bentuk 16 pertanyaan dan
memiliki bobot penilaian masing-masing sesuai dengan standar baku. Dari 4
pilihan jawaban yang bernilai 0 (untuk tidak pernah/ baik sekali), 1 (untuk kurang
dari sekali dalam seminggu/baik), 2 (kurang dari dua kali dalam
seminggu/buruk), sampai 3 (untuk tiga kali atau lebih dalam seminggu/buruk
sekali) (Carney & Edinger, 2010). 
Komponen tersebut antara
lain:
1.    Kualitas Tidur Subjektif 
       Komponen dari kualitas tidur ini merujuk pada pertanyaan nomor
9 dalam kuesioner PSQI yang berbunyi “Bagaimana Anda menentukan kualitas tidur
Anda secara keseluruhan pada bulan yang lalu?”. 
       Kriteria penilaian (skor) berdasarkan pilihan jawaban
responden sebagai berikut : Sangat baik : 0, Cukup baik : 1, Kurang baik : 2,
Sangat buruk : 3.
2.    Latensi Tidur 
       Komponen dari kualitas tidur ini merujuk pada pertanyaan nomor
2 dalam PSQI yang berbunyi “Selama 1 bulan terakhir, berapa menit biasanya Anda
habiskan waktu di tempat tidur, sebelum akhirnya Anda tertidur?”, dan
pertanyaan nomor 5a yang berbunyi “Selama 1 bulan terakhir, seberapa sering
tidur Anda terganggu karena tidak bisa tidur dalam waktu 30 menit”. 
       Kriteria penilaian (subskor) berdasarkan pilihan jawaban responden
terhadap pertanyaan nomor 2 sebagai berikut: ≤ 15 menit : 0, 16-30 menit : 1,
31-60 menit : 2, > 60 menit : 3. 
       Kriteria penilaian (subskor) berdasarkan pilihan jawaban
responden terhadap pertanyaan nomor 5a sebagai berikut: 
       Tidak ada selama 1 bulan terakhir : 0, Kurang dari 1 kali
dalam seminggu : 1, 1 atau 2 kali dalam seminggu : 2, 3 kali atau lebih dalam
seminggu : 3. 
       Jumlah subskor pertanyaan nomor 2 dan nomor 5a (skor komponen
latensi tidur) adalah sebagai berikut : 0 : 0, 1-2 : 1, 2-4 : 2, 5-6 : 3. 
3.    Durasi Tidur 
       Komponen dari kualitas tidur ini merujuk pada pertanyaan nomor
4 dalam PSQI yang berbunyi “Selama 1 bulan terakhir, berapa jam Anda tidur di
malam hari? (Jumlah jam pada tidur malam)”. 
       Kriteria penilaian (skor) berdasarkan pilihan jawaban
responden sebagai berikut : > 7 jam : 0, 6-7 jam : 1, 5-6 jam : 2, < 5
jam : 3.
4.    Efisiensi Kebiasaan Tidur 
       Komponen dari kualitas tidur ini merujuk
pada pertanyaan nomor 1, 3 dan 4 dalam PSQI mengenai jam tidur malam dan bangun
pagi serta durasi tidur. 
       Jawaban responden dihitung dengan rumus: 
 𝑥100%
 𝑥100% 
       Hasil perhitungan dikelompokan menjadi 4
kategori dengan penilaian (skor) sebagai berikut: Efesiensi tidur > 85% : 0,
Efesiensi tidur 75-84% : 1, Efesiensi tidur 65- 74% : 2, Efesiensi tidur
5.    Gangguan Tidur 
       Komponen dari kualitas tidur ini merujuk
pada pertanyaan nomor 5b – 5j dalam PSQI yang terdiri dari hal-hal yang dapat
menyebabkan gangguan tidur. Tiap item memiliki skor 0-3, dengan 0 berarti tidak
pernah sama sekali dan 3 berarti sangat sering dalam sebulan. 
       Skor kemudian dijumlahkan sehingga dapat
diperoleh skor gangguan tidur dan di kelompokan sebagai berikut: 
       Skor gangguan tidur 0 : 0, Skor gangguan
tidur 1-9 : 1, Skor gangguan tidur 10-18 : 2, Skor gangguan tidur 19-27 : 3. 
6.    Penggunaan Obat Tidur 
       Komponen dari kualitas tidur ini merujuk
pada pertanyaan nomor 6 dalam PSQI yang berbunyi “Selama 1 bulan terkhir,
seberapa sering Anda memakan obat tidur (resep dokter atau obat bebas)”.
       Kriteria penilaian (skor) berdasarkan
pilihan jawaban responden sebagai berikut: 
       Tidak ada selama 1 bulan terakhir : 0,
Kurang dari 1 kali dalam seminggu : 1, 1 atau 2 kali dalam seminggu : 2, 3 kali
atau lebih dalam seminggu : 3. 
7.     Disfungsi Tidur Pada Siang Hari 
       Komponen dari kualitas tidur ini merujuk
pada pertanyaan nomor 7 dalam PSQI yang berbunyi “Selama 1 bulan terkhir,
seberapa sering Anda tertidur ketika Anda mengemudi, makan, atau terlibat dalam
kegiatan sosial?” dan pertanyaan nomor 8 yang berbunyi “Selama 1 bulan terkhir,
seberapa banyak masalah yang Anda hadapi untuk tetap antusias menyelesaikan
sesuatu?”. 
       Kriteria penilaian (subskor) berdasarkan
pilihan jawaban responden terhadap pertanyaan nomor 7 sebagai berikut: 
       Tidak ada selama 1 bulan terakhir : 0,
Kurang dari 1 kali dalam seminggu : 1, 1 atau 2 kali dalam seminggu : 2, 3 kali
atau lebih dalam seminggu : 3. 
       Kriteria penilaian (subskor) berdasarkan
pilihan jawaban responden terhadap pertanyaan nomor 7 sebagai berikut: 
       Tidak ada masalah : 0, Hanya masalah
kecil : 1, Ada masalah : 2, Masalah besar : 3. 
       Hasil total skor kuesioner dari 7
komponen tersebut dapat diinterprestasikan menjadi 2 pilihan yaitu: 
       Kualitas tidur baik : ≤ 5, Kualitas tidur
buruk : > 5
 
No comments:
Post a Comment