Tuesday 12 September 2017

Pengukuran Kualitas Tidur

Kualitas tidur merupakan fenomena yang kompleks dan melibatkan beberapa komponen yang seluruhnya dapat tercakup dalam PSQI. Komponen PSQI dinilai dalam bentuk 16 pertanyaan dan memiliki bobot penilaian masing-masing sesuai dengan standar baku. Dari 4 pilihan jawaban yang bernilai 0 (untuk tidak pernah/ baik sekali), 1 (untuk kurang dari sekali dalam seminggu/baik), 2 (kurang dari dua kali dalam seminggu/buruk), sampai 3 (untuk tiga kali atau lebih dalam seminggu/buruk sekali) (Carney & Edinger, 2010).
Komponen tersebut antara lain:
1.    Kualitas Tidur Subjektif
       Komponen dari kualitas tidur ini merujuk pada pertanyaan nomor 9 dalam kuesioner PSQI yang berbunyi “Bagaimana Anda menentukan kualitas tidur Anda secara keseluruhan pada bulan yang lalu?”.
       Kriteria penilaian (skor) berdasarkan pilihan jawaban responden sebagai berikut : Sangat baik : 0, Cukup baik : 1, Kurang baik : 2, Sangat buruk : 3.
2.    Latensi Tidur
       Komponen dari kualitas tidur ini merujuk pada pertanyaan nomor 2 dalam PSQI yang berbunyi “Selama 1 bulan terakhir, berapa menit biasanya Anda habiskan waktu di tempat tidur, sebelum akhirnya Anda tertidur?”, dan pertanyaan nomor 5a yang berbunyi “Selama 1 bulan terakhir, seberapa sering tidur Anda terganggu karena tidak bisa tidur dalam waktu 30 menit”.
       Kriteria penilaian (subskor) berdasarkan pilihan jawaban responden terhadap pertanyaan nomor 2 sebagai berikut: ≤ 15 menit : 0, 16-30 menit : 1, 31-60 menit : 2, > 60 menit : 3.
       Kriteria penilaian (subskor) berdasarkan pilihan jawaban responden terhadap pertanyaan nomor 5a sebagai berikut:
       Tidak ada selama 1 bulan terakhir : 0, Kurang dari 1 kali dalam seminggu : 1, 1 atau 2 kali dalam seminggu : 2, 3 kali atau lebih dalam seminggu : 3.
       Jumlah subskor pertanyaan nomor 2 dan nomor 5a (skor komponen latensi tidur) adalah sebagai berikut : 0 : 0, 1-2 : 1, 2-4 : 2, 5-6 : 3.
3.    Durasi Tidur
       Komponen dari kualitas tidur ini merujuk pada pertanyaan nomor 4 dalam PSQI yang berbunyi “Selama 1 bulan terakhir, berapa jam Anda tidur di malam hari? (Jumlah jam pada tidur malam)”.
       Kriteria penilaian (skor) berdasarkan pilihan jawaban responden sebagai berikut : > 7 jam : 0, 6-7 jam : 1, 5-6 jam : 2, < 5 jam : 3.
4.    Efisiensi Kebiasaan Tidur
       Komponen dari kualitas tidur ini merujuk pada pertanyaan nomor 1, 3 dan 4 dalam PSQI mengenai jam tidur malam dan bangun pagi serta durasi tidur.
       Jawaban responden dihitung dengan rumus:
        𝑥100%
       Hasil perhitungan dikelompokan menjadi 4 kategori dengan penilaian (skor) sebagai berikut: Efesiensi tidur > 85% : 0, Efesiensi tidur 75-84% : 1, Efesiensi tidur 65- 74% : 2, Efesiensi tidur
5.    Gangguan Tidur
       Komponen dari kualitas tidur ini merujuk pada pertanyaan nomor 5b – 5j dalam PSQI yang terdiri dari hal-hal yang dapat menyebabkan gangguan tidur. Tiap item memiliki skor 0-3, dengan 0 berarti tidak pernah sama sekali dan 3 berarti sangat sering dalam sebulan.
       Skor kemudian dijumlahkan sehingga dapat diperoleh skor gangguan tidur dan di kelompokan sebagai berikut:
       Skor gangguan tidur 0 : 0, Skor gangguan tidur 1-9 : 1, Skor gangguan tidur 10-18 : 2, Skor gangguan tidur 19-27 : 3.
6.    Penggunaan Obat Tidur
       Komponen dari kualitas tidur ini merujuk pada pertanyaan nomor 6 dalam PSQI yang berbunyi “Selama 1 bulan terkhir, seberapa sering Anda memakan obat tidur (resep dokter atau obat bebas)”.
       Kriteria penilaian (skor) berdasarkan pilihan jawaban responden sebagai berikut:
       Tidak ada selama 1 bulan terakhir : 0, Kurang dari 1 kali dalam seminggu : 1, 1 atau 2 kali dalam seminggu : 2, 3 kali atau lebih dalam seminggu : 3.
7.    Disfungsi Tidur Pada Siang Hari
       Komponen dari kualitas tidur ini merujuk pada pertanyaan nomor 7 dalam PSQI yang berbunyi “Selama 1 bulan terkhir, seberapa sering Anda tertidur ketika Anda mengemudi, makan, atau terlibat dalam kegiatan sosial?” dan pertanyaan nomor 8 yang berbunyi “Selama 1 bulan terkhir, seberapa banyak masalah yang Anda hadapi untuk tetap antusias menyelesaikan sesuatu?”.
       Kriteria penilaian (subskor) berdasarkan pilihan jawaban responden terhadap pertanyaan nomor 7 sebagai berikut:
       Tidak ada selama 1 bulan terakhir : 0, Kurang dari 1 kali dalam seminggu : 1, 1 atau 2 kali dalam seminggu : 2, 3 kali atau lebih dalam seminggu : 3.
       Kriteria penilaian (subskor) berdasarkan pilihan jawaban responden terhadap pertanyaan nomor 7 sebagai berikut:
       Tidak ada masalah : 0, Hanya masalah kecil : 1, Ada masalah : 2, Masalah besar : 3.
       Hasil total skor kuesioner dari 7 komponen tersebut dapat diinterprestasikan menjadi 2 pilihan yaitu:

       Kualitas tidur baik : ≤ 5, Kualitas tidur buruk : > 5

No comments:

Post a Comment

Pengukuran Kualitas Tidur

Kualitas tidur merupakan fenomena yang kompleks dan melibatkan beberapa komponen yang seluruhnya dapat tercakup dalam PSQI. Komponen PSQI d...