A. Pengertian pemasaran
Menurut Kotler dan
Armstrong (2008 : 6), menjelaskan :
Pemasaran (marketing) merupakan proses dimana
perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat
dengan pelanggan dengan tujuan untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai
imbalannya.
Menurut Daryanto (2011 : 1), menjelaskan :
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana
individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan
menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain”.
Menurut Tjiptono (2008 :
5), menjelaskan, Pemasaran adalah fungsi yang memiliki kontak yang paling besar
dengan lingkungan eksternal, padahal perusahaan hanya memiliki kendali yang
terbatas terhadap lingkungan eksternal”.
Definisi
pemasaran yang dikemukakan oleh ahli tersebut dapat diketahui bahwa pemasaran
merupakan suatu system dari kegiatan bisnis yang saling berhubungan dan
ditujukan untuk merencanakan, mendistribusikan dan mempromosikan barang dan
jasa yang dilakukan oleh perusahaan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan
konsumen.
B. Manajemen
Pemasaran
Dalam
menciptakan kepuasan konsumen, perusahaan harus bisa menjalankan pemasaran
dengan baik. Menurut Kotler (2008:9) pengertian dari manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga,
promosi serta penyaluran gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran
yang memenuhi sasaran-sasaran individu dan organisasi.
Menurut Gitosudarmo
(2008 : 3) mengemukakan bahwa, manajemen pemasaran adalah kegiatan pemasaran
yang direncanakan dengan baik, diorganisasikan, dikoordinasikan serta diawasi
akan membuahkan hasil yang memuaskan.
Sunarto (2003 : 16)
mengemukakan bahwa :
Manajemen
pemasaran ialah sebagai analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian
dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan memelihara
pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan
perusahaan.
Manajemen pemasaran sebagai analisis,
perencanaan implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang,
untuk menciptakan, membangun dan memelihara pertukaran yang menguntungkan
dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Manajemen pemasaran
meliputi mengatur permintaan, yang selanjutnya mencakup mengatur hubungan
dengan pelanggan. Menurut Nasrun (2010 : 6) mendefinisi pengertian manajemen
pemasaran sebagai berikut :
1. Seluruh
sistem dari kegiatan bisnis harus berorientasi ke pasar atau konsumen.
2. Keinginan
konsumen harus diketahui dan dipuaskan secara efektif.
3. Pemasaran
adalah proses bisnis yang dinamis karena merupakan sebuah proses integral yang
menyeluruh dan bukan gabungan aneka fungsi dan pranata yang terurai.
4. Program
pemasaran dimulai dengan sebutir gagasan produk dan tidak terhenti sampai
keinginan konsumen benar-benar terpuaskan, mungkin beberapa waktu setelah
penjualan dilakukan.
5. Untuk
berhasil pemasaran harus memaksimalkan penjualan yang menghasilkan laba dalam
jangka panjang.
C. Bauran Pemasaran
Menurut
Kotler dan Armstrong (2008 : 62), menjelaskan bahwa “Bauran pemasaran (marketing mix) adalah kumpulan alat
pemasaran taktis terkendali yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan
respons yang diinginkannya di pasar sasaran”. Bauran pemasaran terdiri dari
semua hal yang dapat dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan
produknya. Bauran pemasaran merupakan inti dari suatu system pemasaran.
Analisis terhadap bauran pemasaran sangat penting untuk dapat menyesuaikan
keinginan pasar dengan produk yang akan dijual. Berbagai kemungkinan ini dapat
dikelompokkan menjadi empat kelompok variabel yang disebut 4P yaitu produk (product), harga (price), tempat/distribusi (place),
dan promosi (promotion).
Program
pemasaran yang efektif memadukan semua elemen bauran pemasaran ke dalam suatu
program pemasaran terintegrasi yang dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran
perusahaan dengan menghantarkan nilai bagi konsumen. Bauran pemasaran merupakan
sarana taktis perusahaan untuk menentukan positioning
yang kuat dalam pasar sasaran
No comments:
Post a Comment